Nutrisi Bagi Bayi Baru Lahir

Selasa, 30 April 2013

Nutrisi bagi bayi baru lahir sangat mutlak untuk di perhatikan. Bayi memerlukan makanan yang memiliki nutris didalam tiap-tiap step perubahannya. Pada waktu didalam kandungan, seorang bayi mendapatkan nutrisi yang ia perlukan melewati plasenta sang ibu. Janin tersebut memerlukan gizi mutlak layaknya vit. Serta mineral supaya bisa berkembang dengan baik didalam rahim ibu.
ASI sebagai pemenuh keperluan nutrisi bagi bayi baru lahir


Bayi yang baru lahir sesungguhnya tidak membutuhkan banyak jenis makanan yang memiliki nutris untuk bayi dikarenakan sesungguhnya telah ada didalam air susu ibu. ASI memanglah dirancang untuk melengkapi keperluan nutrisi bayi, terlebih bayi yang baru lahir, di mana kandungan gizi didalam ASI sarat serta sesuai dengan keperluan tumbuh serta kembang bayi. Didalam ASI sendiri ada vit. Serta mineral yang di perlukan serta dengan porsi yang juga sesuai dengan umur sang bayi serta seluruhnya ada dengan otomatis. ASI pada terutama waktu umur bayi 3-5 hari memiliki kandungan sarat kolostrum yang memiliki kandungan antibodi serta nutrisi yang lain yang di perlukan oleh bayi. Memanglah ada asumsi kuno bahwa kolostrum mempunyai warna kekuningan ini adalah cairan ASI yang kotor, tetapi sesungguhnya kolostrum inilah yang amat bagus untuk bayi.

Kandungan nutrisi bagi bayi baru lahir didalam ASI 
Antaranya lain:
  1. Laktosa : adalah bentuk karbohidrat yang mempunyai peran mutlak sebagai di antara sumber daya untuk aktifitasnya. Disamping itu laktosa umumnya dapat diolah oleh tubuh jadi glukosa serta galaktosa yang berperan mendukung perubahan sel saraf. Disamping itu akan mempermudah penyerapan zat besi serta magnesium yang dapat di perlukan oleh tubuh bayi.
  2. Lemak : unsur terbanyak ke-2 sesudah laktosa yaitu lemak yang berperan sebagai sumber daya utama bayi serta sebagai pengatur suhu tubuh bayi. Disamping itu lemak juga memiliki kandungan asam esensial yang dapat membentuk aa serta dha sebagai unsur terutama pembentukan otaknya
  3. Oligosakarida : unsur prebiotik ini adalah unsur didalam pembentukan bakteri hidup yang ada didalam saluran pencernaan serta bertugas menolong sistim pencernaan.
  4. Protein yang terbentuk dari asam amino berperan sebagai pembentuk beberapa sel otak serta pembentukan yang berbentuk fisiologis yang lain.

Mengingat kayanya kandungan nutrisi didalam ASI, maka amat disarankan supaya ibu berikan ASI eksklusif sepanjang 6 bln. Pada bayinya. Tak hanya nutrisi, pemberian ASI eksklusif juga mempererat hubungan cinta pada ibu serta bayinya. Baca juga Tips Memotong Kuku Yang Benar pada Bayi

0 komentar:

Posting Komentar